Selasa, 27 November 2007

Tips to the International Journal Publication


· Sebelum menulis makalah pada jurnal internasional, perhatikan kriteria tulisan yang bisa diterima jurnal yang bersangkutan.
· Gunakan bahasa Inggris yang singkat, jelas, informatif, baik dan benar. Perhatikan aturan-aturan kelaziman dalam pembuatan abstrak, pendahuluan, metoda penelitian, penyampaian hasil, pembahasan dan , kesimpulan.
· Penulisan judul harus ringkas, jelas, informatif, karena judul harus dapat menggambarkan isi dari makalah.
· Abstrak harus menggambar apa yang akan dilakukan, metoda penyelesaian masalah, dan hasilnya yang disampaikan secara ringkas padat, kurang lebih 200 kata.
· Dalam bab pendahuluan minimal harus ada 4 hal: motivasi (yang menarik pada masalah yang akan dibahas), apa masalahnya, bagaimana metoda penyelesaian masalah, apa perbedaannya dengan hasil penelitian lain.
· Dalam bab pembahasan harus ditampilkan beberapa temuan, lebih baik atau kurang baik dari hasil penelitian lain, namun harus dijelaskan alasan mengapa lebih baik atau kurang baik. Ingat bahwa makalah ilmiah bukan hanya kumpulan data saja, tetapi merupakan hasil analisis atau interpretasi dari data yang diperoleh.

[ BACK to TOP ] [ BACK to FRONT PAGE ] [ EXIT to GOOGLE ]

Tidak ada komentar: