Senin, 03 Desember 2007

Title and Abstract

Title

Judul suatu makalah harus dapat dimengerti dengan mudah oleh pembaca. Singkatan-singkatan yang tidak populer, tidak boleh dicantumkan dalam judul, disamping itu ungkapan umum juga harus dihindari seperti novel, performance evaluation dan architecture, karena hampir semua makalah teknis telah melakukannya. Judul adalah bagian yang sangat penting karena dari judul tersebut pembaca akan mengetahui secara cepat apa yang anda lakukan atau dapat menangkap esensi makalah kita. Dengan membaca judul tersebut, pembaca akan memutuskan membaca lanjutan isi makalah atau tidak. Kalau judulnya tidak menarik, orang akan enggan meneruskan membaca makalah kita, sehingga pesan yang akan disampaikan dalam makalah juga tidak akan diketahui pembaca.

Judul yang terlalu pendek, mungkin tidak dapat dimengerti oleh pembaca, sedang judul yang terlalu panjang bisa mengaburkan artinya. Judul harus hemat kata tapi cukup menjelaskan isi makalah. Ingat bahwa judul adalah bagian suatu makalah yang paling banyak dibaca orang. Sebuah contoh suatu judul “Pengaruh Kenaikan Harga Bahan Bakar Minyak Terhadap Ongkos Produksi Industri di Indonesia”, dapat langsung memberikan gambaran apa yang akan dibicarakan dalam makalah tersebut. Jika judul tersebut dirubah misalnya “Menyikapi Kenaikan Harga Bahan Bakar Minyak”, maka pembaca akan sulit menebak apa yang akan dibicarakan dalam makalah tersebut.

Membuat judul berbahasa asing (Inggris) harus lebih berhati-hati, karena ada kata-kata yang bermakna ganda, kabur artinya, atau tidak fokus. Berikut ini diberikan contoh judul: “Issues and Problems Associated with Energy Supply and Utilization in Indonesia”. Judul ini cukup bagus tetapi terlalu luas, tidak fokus untuk judul makalah jurnal. Pembaca akan sulit untuk mengetahui pesan apa yang akan disampaikan dalam makalah dan apa manfaat bagi pembacanya, karena isinya hanya hal-hal yang umum saja. Judul tersebut lebih tepat jika dibuat judul sebuah buku, dimana pembacanya kebanyakan adalah dari kalangan birokrat dan pengamat. Judul makalah yang tidak fokus akan menyulitkan pembahasan dan membuat kesimpulan atau dalam menarik benang merahnya apa yang akan ditonjolkan dalam makalah ini.

Sebagai ilustrasi lain, perhatikan judul “Mechanism of Suppression of Nontransmissible Pneumonia in Mice Induced by New Castle Disease Virus”. Judul tersebut bisa bermakna ganda: apakah yang dikenai kata “induced” adalah “pneumonia” atau “mice”. Jika yang dikenai kata “induced” adalah “pneumonia” maka agar lebih baik judul diatas dapat diubah menjadi “Mechanism of Suppression of Nontransmissible Pneumonia Induced in Mice by New Castle Disease Virus” [1].

Nama dan afiliasi

Dibawah judul biasanya dicantumkan nama penulis dan alamatnya. Cara penulisan alamat sangat tergantung pada ketentuan jurnal masing-masing. Ada jurnal yang penulisan alamat penulis langsung dibawah nama, namun ada juga yang menuliskan sebagai catatan kaki pada halaman pertama. Yang perlu dicantumkan selain alamat surat, telepon atau faksimili adalah e-mail penulis, karena sangat memudahkan orang lain (editor atau pembaca) menghubungi penulis.

Membuat Abstrak

Abstrak harus dapat menjelaskan kepada pembaca apa saja yang ditulis dalam makalah. Dalam abstrak harus terlihat apa tujuan penulisan makalah tersebut, ruang lingkup, pembahasan dan kesimpulan. Abstrak biasanya memuat kata-kata tidak lebih dari 200 kata (tergantung pada ketentuan masing-masing jurnal).

Dalam abstrak tidak boleh tercantum referensi, kecuali hal tersebut tidak bisa dihindari. Sebagai contoh “Our algoritm is based upon the work by Smith and Wesson”. Hal lain yang tidak dibolehkan dicantumkan dalam abstrak adalah [4]:
• Kalimat : “In this paper....”
• Motivasi umum. Tidak perlu menjelaskan lagi sesuatu yang bersifat umum, atau telah diterangkan dalam referensi.
• Dalam abstrak tidak hanya berisi masalah, tetapi juga harus ada prinsip hasil-hasilnya.
• Pencantuman rumus-rumus matematika, kecuali yang dikemukan adalah rumus baru seperti rumus E = m c2.
• Jangan mencantumkan atau mengutip sesuatu kalimat dari pustaka, dan jangan memulai abstrak dengan kata yang lemah (weak), terlalu lazim dipakai (hackneyed), dan ungkapan yang membosankan (boring) seperti “This paper ……”. [5].

Pembaca akan memutuskan membaca terus atau tidak suatu makalah, sangat tergantung pada isi abstrak. Abstrak pada prinsipnya memberikan gambaran awal apa yang menjadi masalah, pendekatan pemecahan masalah, apa beda dengan hasil orang lain atau konstribusinya terhadap bidang tersebut dan kesimpulannya.

Aturan penulisan abstrak dalam bahasa Inggris adalah:
• Biasanya ditulis dalam bentuk present tense [6].

Kata Kunci (Keywords)

Kata kata kunci ditulis setelah/dibawah abstrak. Kata-kata kunci atau keywords diperlukan untuk mempermudah dalam proses pencarian menggunakan mesin pencari (search engine) seperti yahoo atau google. Kata kunci adalah kata atau ungkapan yang menurut penulis sangat penting, sehingga dengan menggunakan kata kunci tersebut, orang dapat menemukan bagian penting dari suatu makalah. Banyak kata kunci sekitar 4 atau 5 kata/ungkapan sudah cukup memadai. Banyak kata kunci tergantung pada ketentuan jurnal, namun biasanya sekitar 4-5 kata-kata (words) atau ungkapan-ungkapan (phrases), berurutan alpabet atau tidak Beberapa jurnal menghendaki penulisan kata kunci sesuai urutan abjad, dan lainnya tidak memberikan ketentuan pasti. Antar satu kata atau ungkapan dan berikutnya biasanya dipisahkan oleh koma (,) atau titik koma (;) tergantung pada ketentuan dari jurnal yang dituju.

Literature

[1] Abdullah, M., 2004. Menembus Jurnal Ilmiah Nasional dan Internasional, Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta
[4] Schulzrinne, H., Writing Technical Articles, retrieved September 27, 2007 from www.cs.columbia.edu/~hgs/etc/intro-style.html
[5] Sherman, A.T., Some Advice on Writing a Technical Report, retrieved September 24, 2007 from www.csee.umbc.edu/ ~sherman/Courses/documents/TR_how_to.html
[6] McCaskill, M.K., Grammar, Punctuation, and Capitalization, NASA SP-7084, retrieved Oktober 1, 2007 from http://stipo.larc. nasa.gov/ Sp 7084/Sp 7084 cont.html

[ BACK to TOP ] [ BACK to FRONT PAGE ] [ EXIT to GOOGLE ]

Tidak ada komentar: