Senin, 03 Desember 2007

How to Write Introduction

Sebelum menulis makalah berbahasa Inggris harus diperhatikan gaya penulisan makalah ilmiah seperti tercantum berikut ini:
• Jangan menggunakan kalimat pasif [4]-[7], kecuali pada kondisi tertentu seperti [6]:
When the actors is unimportance, not known, or not to be mentioned.
• When the reciever of action should be emphasized.
• When the sentence is abrupt in active voice.
• When variety is needed in an active voice passage.
• When a weak imperative is needed.

• Orang pertama (first person) jarang dipakai dalam penulisan ilmiah [7].
• Kalimat harus singkat dan jelas [7].
• Jangan menggunakan kata-kata seperti “obviously” atau “clearly” [7].
• Lebih disukai penggunaan singular dari pada plural number [7].

Ketentuan Strunk dan White berikut ini, dapat dijadikan pedoman penulisan ilmiah [8]:
• Jangan menggunakan kata-kata yang tidak perlu. Contoh berikut (yang dibuat miring) adalah kata yang bisa dihilangkan: definitely proved, orange in color, viable alternative, worst-case maximum possible error, because of the fact that.
• Hindari memulai kalimat dengan kata yang berawalan “ing”, seperti contoh berikut:
Assuming a << 1 and substituting in Eq. 12, the relation becomes Eq. 14”. Kalimat tersebut seharusnya ditulis: “When a << 1, Eq.12 can be simplified to become Eq. 14”.
• Gunakan kalimat positif. “None of these integers were non-negative.” Seharusnya ditulis dengan “All of these integers were negative.”

Pendahuluan merupakan bagian yang penting dalam satu makalah. Pendahuluan harus cukup singkat dan jelas apa yang diuraikan dalam makalah tersebut. Setelah membaca pendahuluan, orang akan langsung tahu arah kemana yang dituju atau apa yang akan diperoleh dari makalah tersebut. Pembaca yang merasa tidak akan menerima manfaat atau tambahan pengetahuan dari makalah tersebut, cenderung akan berhenti membaca sampai disitu saja.

Pendahuluan yang baik dapat dibagi menjadi 5 paragraf [4]:
1. Paragraf 1: motivasi. Masalah yang akan dibicarakan dalam makalah ini harus menarik dan penting bagi banyak orang atau komunitas ilmuwan yang luas.
2. Paragraf 2 harus menyebutkan masalah spesifik yang akan dipecahkan.
3. Pada paragraf 3 harus dijelaskan pendekatan umum yang diambil dalam pemecahan masalah yang telah disebutkan dalam pragaraf 1 dan 2, apakah hasil spesifiknya signifikan dan apa konstribusi utama dari makalah tersebut. Paragraf ini sangat penting karena sangat menentukan makalah kita diterima atau ditolak. Penulisan kalimat pengantar seperti: ”In this paper, we show that......” boleh disampaikan pada awal paragraf.
4. Paragraf 4 harus menunjukkan perbedaan yang dilakukan dengan yang telah dilakukan orang lain. Hal ini penting bagi pembacanya untuk mengetahui apakah ada sesuatu yang baru dibanding dengan hasil penelitian yang dikerjakan orang lain.
5. Pada paragraf 5, memberikan gambaran kepada pembaca sebuah peta jalan (roadmap) sebagai panduan pembaca memahami isi seluruh naskah. Kita boleh mencantumkan kalimat: ”The remainder of this paper is structured as follows......”, tetapi tidak boleh mencantumkan: “In Section 2, In Section, …. In Section……” dan seterusnya.
Untuk menghindari bab pendahuluan terlalu panjang, paragraf 5 bisa dihilangkan, karena inti dari pendahuluan telah tercantum pada paragraf-paragraf sebelumnya.

Hal yang harus dihindari dalam membuat pendahuluan adalah [4]:
Avoid stock and clishe phrases such as “recent advances in XYZ”.
• Pengulangan kalimat yang telah ada dalam Abstrak di Pendahuluan merupakan pemborosan ruang. Oleh karena itu harus dihindari.

Literature

[4] Schulzrinne, H., Writing Technical Articles, diakses 27 September 2007 dari www.cs.columbia.edu/~hgs/etc/intro-style.html.
[6] McCaskill, M.K., Grammar, Punctuation, and Capitalization, NASA SP-7084, retrieved Oktober 1, 2007 from http://stipo.larc.nasa.gov/Sp 7084/Sp 7084 cont.html.
[7] Ernst, M. Writing a Technical Paper, retrieved September 24, 2007 from http://people.csail.mit.edu/mernst/advice/write-technical-paper.html.
[8] Standler, R.B., Technical Writing, retrieved Juli 6, 2007 from http://www.rbs0.com/tw.htm.

[ BACK to TOP ]
[ BACK to FRONT PAGE ]
[ EXIT to GOOGLE ]

Tidak ada komentar: